AFA

Au Pair, FSJ, und Ausbildung aus Indonesien

Au Pair, FSJ, Ausbildung aus Indonesien

Dienstag, 16. Oktober 2018

Visa ke Inggris ala AFA

Oleh: Desty Rifiyanti Olgemöller

Inggris atau England duh siapa sih yang nggak mau kesana? Negara monarki yang dipimpin oleh seorang ratu ini memiliki pesona yang luar biasa bagi para wisatawan dari seluruh dunia. Terutama untuk para pejuang yang sedang berada di Jerman nih, yang sedang menjalani Aupair, Fsj atau Ausbildung dan kebetulan seneng banget jalan-jalan keliling Eropa tapi mentok mau ke ibu kotanya Inggris yaitu London. Kesal sekali rasanya melihat banyak sekali penawaran tiket ke daerah Inggris yang menggiurkan tapi sayang, visa perijinan kita di Jerman ini tidak sampai ke sana.

Nah, cerita punya cerita nih, pada tahun 2016, impian untuk melihat Big Ben akhirnya tercapai juga meskipun dengan pengorbanan membuang uang 4x harga tiket ke London untuk mengajukan visa. Bukan, bukan harga visanya yang 4 kali lipat dari harga pesawat, tapi sayangnya harus sekali ditolak saat pengajuan visa. Dan uang yang telah diajukan untuk visa tidak bisa dikembalikan lagi. Sad ☹.

Lanjut kepada intinya, bagaimana cara membuat visa ke Inggris bagi mereka yang sedang menjalani study, aupair, fsj atau ausbildung di Jerman?

Pertama 

Yang harus kamu lakukan yaitu lihat resident permitmu yang di Jerman masih berapa lama berlakunya? Jika visa jermanmu hanya 2 atau tiga bulan lagi sebelum keberangkatan, sebaiknya perbaharui/perpanjang dulu visa di Jerman. Karena pihak konsulat inggris melihat apakah kamu setelah mengunjungi Inggris bakal kembali lagi ke tempat asal atau cenderung malah tinggal disana. Pihak Visa admission Inggris sangat kritis sekali dengan masalah tersebut, jadi jangan macam-macam dengan residence permit kita di Jerman.

Kedua

Dengan membuka websitenya www.go.uk / apply-uk-visa , disana kamu bisa melihat beberapa pilihan berbagai macam visa. Pilih opsi standard visitor visa, di sana kamu akan mendapat banyak informasi terkait permohonan visa ke Inggris, mulai dari kapan boleh mengajukan permohonan visa, berapa harga mengajukan visa, berapa lama proses pengajuan visa dan dokumen apa saja yang diperlukan dll. Lanjutkan dengan meng klik apply untuk memulai pengisian permohonan visa.

Ketika melaukan proses pengisian online tersebut, kamu harus mengisi seluruh pertanyaan tersebut. Mulai dari mana kamu menggajukan visa, dimana kamu akan tinggal di Inggris, berapa uang yang akan kamu bawa, daftar atau list tujuan ketika kamu mengunjungi Inggris, apa yang ingin kamu lakukan disana? Apakah pergi sendiri atau dengan teman/pacar atau dengan Gastfamilie, dsb.

Ketiga

Setelah kamu mengisi data dan mengirim data secara online, kamu bisa memilih tanggal dan tempat interview di beberapa kota di Jerman seperti Berlin, Düsseldorf, Frankfurt. Kemudian diakhiri dengan pembayaran online. Kisaran biaya permohonan visa ke inggris berbeda-beda, menurut pengalaman saya, pengajuan visa pertama sekitar 160 euro dan yang kedua sekitar 184 euro. Mungkin tergantung dengan kurs Poundsterling ke Euro. Walaupun harga yang tertera di internet itu sekitar 126 USD, tapi nanti akan pada akhirnya tertera plus biaya administrasi. Tarif permohonan visa dari kota ke kota di Jerman sedikit berbeda. Saya sarankan untuk membuat appointment ke Berlin karena disana tidak ada biaya ekstra untuk pengiriman pengembalian passport yang bisa mencapai 40 euro, dibayar cash.

Keempat

Ketika datang ke tempat appointment, bawalah dokumen selengkap mungkin :
1. Print data yang telah diisi secara online,
2. Bawa passport dan bawa yang asli dan foto copi resident permit di Jerman,
3. Pas foto,
4. Bukti tiket pesawat dan hotel,
5. Bukti pembayaran visa fee,
6. Slip gaji selama dua atau tiga bulan terakhir atau uang tabungan atau copy kontrak kerja atau surat pernyataan jika ada orang yang membantu membiayai selama perjalanan lengkap dengan surat pernyataan yang ditandatangani beserta copy identitas beserta slip gaji. Apapun yang membuktikan kalau kita secara finansial dan bisa membiayai biaya perjalan. Tidak harus mencapai 10.000 euro di tabungan hanya saja kita bisa memprediksikan berapa poundsterling dalam sehari yang akan kita keluarkan, yang penting cukup,
7. Surat undangan jika ada seseorang di Inggris yang bisa mengundang kita, tentu saja dengan tanda tangan dan bukti tempat tinggal.


Kelima

Tahap terakhir yaitu interview di visa application center yang telah kita pilih. Mohon datang tempat waktu. Setelah interview kita akan mendapatkan passport kembali dan keputusan apakah pengajuan visa ditolak atau diterima sekitar 3-4 minggu.

Semoga sedikit informasi diatas bisa membantu untuk kalian yang ingin sekali pergi ke Inggris. Visa standard visitor paling lama 6 bulan, jadi selama 6 bulan tersebut bisa bolak balik ke negara Inggris. Selamat mencoba! Viel glück!

Editor: Girindra W.P Denker
Share:

1 Kommentar:

  1. Saya ibu HERIYANTI dari palembang mengucap syukur kepada allah,karna melalui bantuan dari aki abdul jamal yg sebesar 20m kini saya sudah bisa menjalankan usaha saya lagi. Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Aki Abdul Jamal dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Aki Abdul Jamal bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di no 0822-9698-7979- rasa senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya menulis pesan ini biar
    Semua orang tau,ini sebuah kisa nyata dari saya dan tidak ada rekayasa sedikit pun yang saya tulis ini,sekali lagi terimah kasih banyak ya Aki dan insya allah suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Aki untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu Sartika dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Aki disini 😃Pesugihan Putih Tanpa Tumbal😃

    AntwortenLöschen

Powered by Blogger.

Recent

Breaking

Categories

Pages

Theme Support