AFA

Au Pair, FSJ, und Ausbildung aus Indonesien

Au Pair, FSJ, Ausbildung aus Indonesien

Donnerstag, 6. September 2018

Kesempatan untuk lanjut kuliah S2 setelah Aupair

Halli Hallo! Saya mau berbagi sedikit pengalaman saya dalam proses perubahan visa dari Aupair ke student. Lho, memang bisa setelah Aupair kuliah? Jawabannya pasti bisa, KALAU semua persyaratan lengkap dan bisa dibuktikan. Karena saya sudah mendapatkan gelar bachelor of engineering dari Indonesia tercinta, maka dalam kasus ini saya menjelaskan proses pencarian kampus, pendaftaran dan application untuk visa baru sebagai Master's student.

1. Kalian harus baca baik-baik Zulassungsvoraussetzung atau kriteria penerimaan dari jurusan yang akan kalian lamar. Satu universitas disini bisa memiliki peraturan dan kebijakan yang berbeda-beda untuk setiap fakultas. Jadi silahkan dibuat checklist untuk setiap persyaratan yaa.

2. Karena saya mengambil program dalam bahasa jerman, jadi saya membutuhkan sertifikat C1 dari Goethe, DaF, DSH atau TELC. Saya memilih TELC karena proses ujiannya tidak terlalu berbeda seperti IELTS yang pada kala itu saya baru ambil tiga minggu sebelum TELC. Untuk informasi lebih lanjut bisa dicek disini:

Hochschulzugang
ielts


Untuk biaya TELC pada tahun 2017 yaitu 170 Euro dan IELTS 220 Euro. Jika kalian merasa ingin mengikuti les Prüfungsvorbereitung untuk TELC maka sekolah bahasa ini bisa saya sarankan berdasarkan pengalaman saya sendiri:

3 Setelah itu jangan lupa dicek apakah degree kalian diakui di Jerman dengan mengunjungi website berikut (kecuali Baden-Württemberg dan Bayern, setahu saya mereka memiliki institusi sendiri untuk tugas tersebut).

Hochschulabschluss Anabin

4.Setelah diketahui kalau kalian berhak kuliah disini (jika degree kalian ada di list anabin), maka kalian bisa mengirimkan semua berkas lamaran ke universitas langsung atau ke Uniassist. Apa itu uni assist ? Silahkan kunjungi website ini untuk info lebih lanjut:

Uniassist

PS: kalau nama kampus atau degree kalian tidak ada di anabin databank maka kalian harus kontak kampus kalian dan berusaha keras untuk membuat nama kampus dan degree kalian tercantum di anabin. Video dari mbak cantik dan baik ini sangat membantu lho!:

5. Setelah selesai dengan fase admission ke universitas, jangan senang dulu. Ada baiknya kalau kalian langsung mengurus dokumen-dokumen penting untuk visa study kalian. Yang cukup penting adalah memikirkan bagaimana kalian bisa menunjukkan pada Behörde kalau kalian bisa membiayai kuliah kalian. Kemungkinan: menabung sampai ada kurang lebih 8640 Euro dalam bank account kalian, mencari seseorang yang percaya pada kalian dan mau menjadi sponsor kalian (membuat Verpflichtungserklärung) *aku tidak tahu apakah seseorang ini harus orang jerman atau tidak, dan cara-cara lain yang aku belum pernah coba. Silahkan baca link-link super bermanfaat berikut:

Cara membuat blocked account

Studi di Jerman setelah Au Pair

6.Selamat apabila kalian sudah diterima. Mau mencari tambahan uang bulanan? Kenapa tidak mencoba Deutschland Stipendium?! Syarat mudah dan per bulan kalian bisa mendapatkan 350 Euro (lumayan untuk bayar kamar). Contoh persyaratan yang harus dikirim baca disini:

Displaying 20161015_104612.jpgDeutschland Stipendium

Kesimpulan dari tulisan ini: ada banyak jalan ke Roma, kalau kalian melakukan segalanya dengan motivasi yang berapi-api dan sabar akan proses yang tidak tentu berapa lamanya. Kuliah setelah Aupair itu sangat mungkin. Salam semangat dan jangan menyerah!

Written by: Candra Hasannudin
Share:

0 Kommentare:

Kommentar veröffentlichen

Powered by Blogger.

Recent

Breaking

Categories

Pages

Theme Support