AFA

Au Pair, FSJ, und Ausbildung aus Indonesien

Au Pair, FSJ, Ausbildung aus Indonesien

Freitag, 14. September 2018

Studium Setelah Ausbildung

 Studium Setelah Ausbildung



Hallo teman-teman, mumpung ada waktu luang ni dan mau berbagi informasi serta menjawab pertanyaan beberapa orang yang masuk. Apa itu Fernstudium dan apa berufsbegleitendes Studium. Buat kamu yang sudah lulus Ausbildung dan bekerja, akan tetapi mau melanjutkan bidang yang digeluti serta mau kuliah, maka ada caranya, yakni bisa vollzeit Studium dimana seperti layaknya kuliah biasa. Atau bisa Fernstudium atau berufsbegleitendes Studium, dimana tetap bisa bekerja sesuai bidang Ausbildung. Adapun syarat syaratnya yakni tentu harus sudah selesai Ausbildung. Kebanyakan Uni atau Fachhochschule meminta pengalaman kerja setelah Ausbildung 2 atau 3 tahun. Akan tetapi ada juga Hochschulen yang tidak meminta pengalaman dikarenakan jurusan Ausbildung sesuai sama jurusan kuliah. Ini silahkan ditanya ke masing2 Hochschulen yang dituju. Kebanyakan memang sekolahnya swasta atau disebut private Fachhochschulen. Ini merupakan kesempatan buat kamu yang lulus Ausbildung tetapi tidak punya Abitur. 


Fernstudium artinya dimana kamu kuliah secara online dan hanya datang pada saat ujian ujian tertentu ke Prüfungsort. Kalau berufsbegleitendes Studium artinya kamu kuliah di salah satu tempat dan tetapi bekerja di bidang yang sama. Datang ke kuliah hanya 2 atau 3 kali seminggu. Atau bahkan 2 atau 3 kali sebulan. Biasanya jadwal kuliah sudah diberi selama satu tahun kedepan. Dimana kamu bisa mencocokkan dengan jadwal kerja kamu. Umumnya tempat kerja akan berusaha dimana kamu kuliah akan diberi libur. Maka dari itu, berufsbegleitendes Studium harus dibicarakan sama tempat kerja. Dan pada umumnya kamu harus mengurangi jadwal kerja agar jadwalnya bisa diatur. Sehingga bekerja tidak Vollzeit akan tetapi Teilzeit. Namun tidak menutup kemungkinan untuk Vollzeit jika tempat kerja menyetujui. Jadwal yang bentrok bisa diakali dengan mengambil Urlaub atau mengambil jatah Bildungsurlaub (jedes Bundesland ada aturannnya. Biasanya 5 hari setahun). Lama kuliahnya tergantung jurusan dan di FH mana kamu kuliah. 


Silahkan google FH yang kamu mau. Ada banyak sekali FH swasta yang menyediakan kuliah dua jenis ini. Untuk Hochschulen yang negeri tidak lah banyak. Tetapi ada juga. Misalnya bisa online studium yang bekerja sama dengan uni München. Oiya jenis studi ini biasanya harus bayar. Karena kuliahnya swasta...


Pastikan sebelum mendaftar bertanya berapa lama Berufserfahrung yang harus ada setelah ausbildung selesai. Dan apakah C 1 atau testDaf yang diwajibkan. Silahkan bertanya ke Studiumberatung FH yang dituju...


PS: Walau tidak begitu penting, tapi semoga membantu buat kamu yang ingin Weiterbildung setelah Ausbildung, misalnya seperti saya dari Heilerzeihungspfleger-Ausbildung lanjut studi Sozialpädagogik.


Ditulis oleh : Ragil Andi Mahardika
Share:
Standort: Hamburg, Deutschland

0 Kommentare:

Kommentar veröffentlichen

Powered by Blogger.

Recent

Breaking

Categories

Pages

Theme Support